Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional

Bismillahirrahmanirrahim!

Ketua LPKN Andi Zabur Rahman, S.Kom, S.SI, MBA

Dengan mengucapkan rasa syukur atas semua anugerah yang telah diberikan oleh sang pencipta, kami hadir di tengah-tengah masyarakat dengan membawa suatu tujuan yang sangat mulia, yakni turut serta membantu mencerdaskan anak bangsa.

Di tengah pentingnya pengetahuan bagi kita semua, Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) hadir sebagai suatu wadah yang berusaha menjembatani Para Ahli, Pakar, Pejabat, dan berbagai praktisi dengan masyarakat atau istitusi yang membutuhkan ilmu pengetahuan.

LPKN lahir dan dibentuk pada tahun 2005. Dengan bermodalkan semangat dan sedikit pengalaman dalam bidang pemerintahan, maka lahirlah LPKN. Alhamdulillah hadirnya LPKN ini disambut dengan baik oleh berbagai kalangan. Hal tersebut tercermin dari banyaknya peserta yang secara berkala mengikuti kegiatan di LPKN. Para peserta berasal dari Institusi Pemerintah, BUMN, BUMD, dan Kalangan Swasta. hingga saat ini alumni LPKN tercatat sebanyak 50.000 orang.

Sebagai suatu wadah pendidikan yang masih tergolong baru, LPKN terus berupaya meningkatkan kualitas baik dari segi Materi, Narasumber, Modul, serta pelayanan Prima, dengan harapan setiap peserta yang mengikuti kegiatan di LPKN membawa ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi organisasi maupun pribadinya masing-masing.

Atas nama seluruh staf dan pimpinan LPKN, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung LPKN selama ini, semoga amal ibadah dan kebaikannya mendapat berkah dari Allah SWT.

Akhir kata tiada sesuatu yang sempurna, maka dengan tangan terbuka kami menerima masukan dalam rangka membangun.

Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) didirikan pada tahun 2005 dengan sk Notaris Sri Instansi, SH Nomor. 41, Tanggal 18 april 2005, berkedudukan di Jakarta. Unit ini sangat potensial terutama pada pangsa pasar Pemerintah Daerah. Hal ini didasari oleh masih banyaknya peraturan perundang-undangan yang harus disosialisasikan kepada aparatur pemerintah daerah. Bagian ini juga membidik segemetasi pasar BUMN, BUMD, dan Swasta yang kesemuanya masih membutuhkan pengetahuan tambahan terutama yang berkaitan dengan kebijakan Nasional, dan menjalankan kegiatan berupa :

  • Melakukan kajian dan publikasi ilmiah di bidang peningkatan mutu SDM di lingkungan Pemerintahan, Pemerintah Daerah, Badan Usaha, maupun Swasta
  • Menyelenggarakan aktivitas kajian, seminar-seminar, lokakarya, serta pendidikan dan pelatihan
  • Konsultan dan menerbitkan buku-buku yang berkaitan dengan kegiatannya, dan dapat bermanfaat bagi kehidupan bangsa dan negara
  • Melakukan kerja sama dengan Pemerintah dan organisasi lainnya dalam mempertinggi mutu SDM.
  • Melakukan kerjasama dengan pemerintah dalam mensosialisasikan Kebijakan Pemerintah kepada seluruh lembaga pemerintah, lembaga swasta dan masyarakat luas

Pada Unit Usaha Pendidikan dan Pelatihan ini Tim akan didukung oleh orang-orang yang cukup memiliki pengaruh juga didukung oleh narasumber yang berasal dari Pejabat Pemerintah, Profesional, dan Praktisi Handal pada masing-masing bidang. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis : Seminar, Bimbingan Teknis, Sosialisasi, dan Workshop. Sebagian Materi Pendidikan dan Pelatihan akan lebih menitikberatkan kepada Sistem Informasi yang telah dibuat oleh Unit Usaha Teknologi Informasi, sehingga diharapkan selain menjalankan Pendidikan dan Pelatihan sekaligus dapat menjual produk Sistem Informasi Manajemen.

Visi dan Misi perusahaan, menjadi sangat penting, sebagai barometer dari langkah dan perencanaan yang akan dilakukan, adapun visi dan misi LPKN adalah :

Visi

  • Menjadi organisasi terpercaya dan mitra bagi semua pihak dalam membangun sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan
  • Menjadi Pusat penelitian dan konsultasi pada sektor pemerintahan
  • Menjadi pusat penerbitan buku dan artikel berkualitas yang bersesuaian dengan produk pelatihan
  • Dalam waktu 10 tahun memiliki pusat pelatihan yang representatif dengan fasilitas yang memadai bagi pemerintah dan badan usaha

Misi

  • Mengembangkan jaringan kerjasama secara berkesinambungan
  • Melakukan peningkatan kualitas produk melalui berbagai riset dan analisa potensi pasar pemerintah dan swasta
  • Membangun organisasi dan manajemen yang handal
  • Menguatkan citra perusahaan sebagai organisasi yang kuat dan kredibel
  • Meningkatkan jaringan informasi, penguatan manajemen data dan pemanfaatan teknologiMeningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan
  • Menyusun strategi pengelolaan keuangan dan aset dalam rangka mencapai tujuan jangka panjang organisasi
Program Pelatihan : Pemerintah dan Swasta
Nama Lembaga : Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional
Nomor pendirian LP : 41 dan 168 (perubahan)
Tanggal SK pendirian : 18 April 2005 dan 13 Maret 2009
Pejabat PenandatanganSK Pendirian LP : 1. Notaris Sri Intansih, SH2. Notaris Drajat Darmadji, SH
Bulan & Tahun DimulainyaPenyelenggaraan Pelatihan : April 2005
Nomor SK Izin Operasional : 2354/I.851.4
Tanggal SK Izin Operasional : 8 November 2010
Peringkat (Nilai)Akreditasi Terakhir : B
Nomor SK Akreditasi : AKR-005-02.11
SK Dikmen : 1081/1.851.42354/1.851.4
SKT Depdagri : 169/D.III.3/VII/2009323/D.III.2/VII/2010
NPWP : 21.074.063.5.003.000
Alamat Lembaga Pelatihan : Kantor Pusat• Gedung Linggardjati Lt. 1 Jl Kayu Putih 2 No. 7 Pulomas Jakarta Timur 13260Kantor Cabang• Jl Kayu Jati III No 1 Rawamangun Jakarta Timur• Jl Proklamasi No. 1 Babarsari Yogyakarta• Hotel Sparks – Jl Mangga Besar Raya No. 42 Jakarta (Representative Office)• Hotel Merlyyn Park – Jl. KH Hasyim Ashari No. 29-31 Jakarta (Representative Office)